Radar Madura

Puluhan Siswa Ikut Ujian Susulan

SAMPANG  – Puluhan siswa tingkat SMA sederajat terpaksa harus mengikuti ujian nasional berbasis komputer sejak Selasa (18/4). Sebab, pada ujian sebelumnya mereka berhalangan dan terkendala teknis.

MAN 1 Sampang Sigit Guntoro menjelaskan, ujian susulan dilaksanakan dua hari. Hari pertama untuk ujian bahasa Indoneisia dan matematika. Sedangkan hari ini untuk bahasa  Inggris dan mapel sesuai jurusan. ”Siswa mengikuti ujian susulan sesuai dengan mapel yang dijadwalkan,” terangnya.

Peserta dapat mengikuti ujian susulan setelah didaftarkan ke laman resmi Kementerian Pendidikan. Proses pendaftaran harus menyertakan alasan bukti fisik siswa tidak bisa mengikuti UNBK sebelumnya. ”Kalau sakit harus menyertakan surat keterangan sakit dari dokter,” jelasnya.

Soal UNBK susulan dipastikan tidak akan sama dengan soal sebelumnya. Soal-soal itu dipastikan diacak. ”Prosesnya sama dengan sebelumnya. Sinkronisasi server lokal ke server pusat lalu di-download soal dan peserta susulan,” ujarnya.

Help Desk Sampang Moh. Ismail menjelaskan, 23 peserta ujian susulan berasal dari beberapa sekolah. Antara lain, SMKN 1 Sampang 1 siswa, SMKN 1 Robatal 18 siswa, SMAN 1 Sampang 2 siswa, SMA Al Muhtar Ketapang 1 siswa, dan MAN Sampang 1 siswa. ”Berdasarkan laporan, hari pertama ujian susulan berlangsung lancar,” katanya. (sin/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar