Radar Madura

Pemkab Bangkalan Perlu Tingkatan Promosi Wisata

BANGKALAN – Banyak potensi wisata yang bisa menjadi nilai tawar bagi wisatawan di Bangkalan. Upaya untuk menggaet minat wisatawan oleh pemerintah perlu ditingkatkan. Sebab, jumlah pengunjung mengalami penurunan.

Data dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) menunjukkan, 2015 tercatat 1.777.251 wisatawan ke Kota Salak. Sementara pada 2016 hanya 1.694.092 pengunjung atau terpaut 83.159.

Data wisatawan ini berdasarkan jumlah kunjungan di 14 objek wisata alam, budaya, dan religi. Wisatawan domestik dan mancanegara mengalami penurunan ribuan pengunjung setiap tahun. Pada 2014 mampu menarik minat 1.277 wisatawan asing. Sedangkan 2015 hanya 116 orang. Pada 2016 masih 139 wisatawan.

Kepala Disbudpar Bangkalan Lily Setiawaty Mukti mengaku telah bekerja sama dengan agen travel luar negeri. Kerja sama itu untuk kembali menarik minat wisatawan asing. ”Kami adakan pertemuan dengan sejumlah agen travel luar negeri Sabtu (15/4). Sekitar 20 negara. Kami paparkan semua potensi. Kami promosikan,” ujarnya Selasa (18/4).

Dia juga berencana meningkatkan promosi wisata alam. Sebab wisata religi sudah sangat dikenal. ”Dari agen perjalanan luar negeri ini bisa memperkenalkan kepada para wisatawannya. Jadi bisa diarahkan untuk bisa berkunjung ke Bangkalan,” terang Lily.

Rencana pengembangan ini bertahap. Dimungkinkan promosi pada tahun ini akan mendongkrak pengunjung 2018. ”Intinya kami garap juga untuk wisata religinya. Kemudian akan digarap juga potensi-potensi wisata lainnya,” paparnya.

Anggota Komisi D DPRD Bangkalan Abdurrahman menyampaikan, pihaknya akan mendukung pengembangan wisata alam. Dia juga berharap ada pengelolaan serius dari pemerintah. ”Selain wisatanya, akses jalannya juga perlu diperhatikan juga,” harapnya. (c7/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar