Radar Madura

 Pendaftar Lomba Baca Puisi Chairil Anwar Hampir Capai Target

SUMENEP – Animo masyarakat mengikuti lomba baca puisi karya Chairil Anwar sangat tinggi. Terbukti, pendaftar setiap hari terus berdatangan. Pendaftaran dipusatkan di Gardu Budaya Jawa Pos Radar Madura (JPRM) Biro Sumenep di Jalan Trunojoyo.

Ketua Pelaksana Neldi Apriawan mengatakan, rata-rata jumlah pendaftar setiap hari antara tiga sampai lima orang. Sebagian di antaranya mendaftar sendiri. Namun, tidak sedikit yang mendaftar secara kolektif atas nama komunitas mereka.

”Jika pendaftar mencapai target sebelum pelaksanaan segera tutup. Bagi  yang berminat, silakan daftarkan diri Anda,” ajaknya. Sebagaimana ketentuan, panitia menargetkan 100 peserta. Saat ini tinggal sedikit lagi untuk mencapai target.

Ada tujuh judul puisi karya Chairil Anwar yang disiapkan panitia. Bagi calon pendaftar, naskah lomba bisa diperoleh di tempat pendaftaran. Dengan uang pendaftaran Rp 20 ribu, peserta berkesempatan merebut piala bergilir Direktur JPRM.

Ibnu Hajar, salah seorang dewan juri, menjelaskan, pada lomba baca puisi kali ini,  kemampuan peserta akan diuji. Membaca pusi memiliki tingkat kesulitan tinggi. Para peserta dituntut memiliki ekspresi, interpretasi, dan vokal yang bagus. Baik pernapasan diafragma, dada, atau pernapasan perut.

”Sebab, judul puisi Chairil Anwar yang dilombakan pendek. Karena selama ini masyarakat hanya mengenal puisi ”Aku” dan ”Kerawang Bekasi”, maka, di sinilah kualitas dan talenta peserta diuji,” tutur  sastrawan muda Madura ini.

Kegiatan tersebut akan digelar Senin, 24 April mendatang. Panitia melibatkan tim juri profesional. (sid/han/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar