Radar Madura

Naskah Pendek, Tingkat Kesulitan Tinggi

SUMENEP – Lomba baca puisi karya Chairil Anwar yang bakal digelar Jawa Pos Radar Madura (JPRM) terus dibanjiri pendaftar. Hampir setiap hari pendaftar datang ke Gardu Budaya JPRM Biro Sumenep di Jalan Trunojoyo.

Salah satunya, Moh. Rifki, pendaftar asal Kecamatan Batuputih. Dia mengaku tertarik mengikuti lomba baca puisi ini. Sebab, kegiatan seperti itu bisa menambah pengalaman. Terutama dalam dunia sastra.

”Teman-teman di komunitas sanggar maupun komunitas sastra sudah banyak yang daftar. Mereka siap bersaing secara sehat,” ujarnya Selasa (28/3).

Ada tujuh judul puisi karya Chairil Anwar yang disiapkan panitia. Bagi peserta, naskah lomba bisa diperoleh di tempat pendaftaran. Dengan uang pendaftaran hanya Rp 20 ribu, peserta berkesempatan merebut Piala Bergilir Direktur JPRM.

Ibnu Hajar, salah seorang dewan juri, mengatakan, lomba baca puisi kali ini akan diuji kemampuannya dalam membaca puisi. Sebab, puisi karangan Chairil Anwar yang dilombakan sangat pendek. Otomatis, butuh penjiwaan dan ekspresi yang betul-betul menghayati.

”Puisi yang dilombakan pendek. Selama ini, masyarakat hanya mengenal puisi ”Aku” dan ”Kerawang Bekasi”. Maka, di sinilah kualitas dan talenta peserta akan diuji,” ucap sastrawan muda Madura ini.

Kegiatan yang akan digelar Senin, 24 April mendatang itu, bakal melibatkan tim juri profesional. Hingga saat ini, tercatat hampir seratus orang peserta mendaftarkan diri ikut dalam lomba baca puisi tersebut. (sid/gik/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar