Radar Madura

Bea Cukai Harus Tegas Tindak Produsen Rokok Ilegal

SUMENEP – Maraknya rokok ilegal di Sumenep menjadi sorotan semua pihak. Termasuk anggota DPRD Sumenep Badrul Aini. Politikus Partai Bulan Bintang (PBB) itu meminta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai dan pihak terkait lebih tegas.

Anggota komisi II DPRD itu menilai pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal sangat lemah. Padahal, peredaran rokok ilegal di masyarakat sangat masif. ”Pemusnahan itu akibat dari ketidaktegasan pihak bea cukai. Kami berharap ada ketegasan yang lebih jelas,” katanya.

Menurutnya, pengawasan yang lemah mengakibatkan pelanggaran yang berkepanjangan. Akibat tidak ada tindakan yang tegas, produsen rokok ilegal terus bertambah. Bahkan menyebar di kalangan masyarakat bawah.

Pihaknya berharap kejadian tersebut menjadi evaluasi bagi pihak bea cukai dan pihak terkait. Selama ini tidak dilakukan pengawasan sampai ke tingkat bawah. Sementara produksi rokok ilegal terus berkembang di berbagai wilayah.

”Selama ini bea cukai tidak melakukan pengawasan sehingga masih banyak rokok ilegal menyebar. Selain itu, ini imbas dari ketidaktegasan. Jika sudah melanggar, penerapan sanksinya harus jelas sehingga menimbulkan efek jera,” kata Badrul Aini.

Dia menambahkan, rokok ilegal sudah pasti merugikan negara. Sebab tidak ada sumbangan ke pemerintah. Para konsumen juga dirugikan dengan peredaran rokok ilegal. ”Saya berharap ada sanksi tegas terhadap pelanggar rokok ilegal di Sumenep,” ucapnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar