Radar Madura

 Bekali Kades Wawasan Kebangsaan dan Pengelolaan Anggaran

SUMENEP – Sedikitnya 35 kepala desa (Kades) di Sumenep mengikuti pembekalan di salah satu hotel di Kota Sumekar. Kegiatan itu akan berlangsung selama tujuh hari, yakni mulai 19–25 Maret mendatang. Para peserta merupakan Kades yang terpilih melalui pilkades serentak, pilkades pergantian antarwaktu (PAW), dan sisa pilkades sebelumnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumenep Achmad Masuni mengatakan, kegiatan itu digelar berdasarkan amanah Permendagri 82/2016. Para Kades yang baru terpilih wajib dapat pembekalan awal. ”Kami harapkan teori yang diperoleh bisa jadi acuan saat menjalankan pemerintahan di tingkat desa,” ujarnya.

Terdapat sejumlah materi yang disampaikan dalam kegiatan itu. Antara lain tata kelola anggaran, wawasan kebangsaan (wasbang), perpajakan, serta wawasan tentang hukum. Narasumber berasal dari Biro Administrasi Umum Pemprov Jatim, BPPKAD Sumenep, dan bappeda.Sementara wasbang diisi dari Kodim 0827 Sumenep.

Sejumlah instansi terkait juga memberikan pemaparan sesuai tugas dan fungsi masing-masing instansi. Semisal dari kejaksaan dan kepolisian yang fokus pada pemahaman hukum. Para Kades diminta untuk tidak main-main dengan anggaran yang masuk. Dengan demikian akan selamat dari jerat hukum.

Wabup Achmad Fauzi dalam sambutan pembukaan mengimbau para Kades serius mengikuti pembekalan. Sebab, fungsi Kades adalah menyelenggarakan dan melaksanakan pembangunan di desa. ”Dengan pembekalan seperti ini, tertib administrasi dan pengelolaan anggaran bisa efektif dan efisien. Serta pengelolaan dilakukan secara transparan,” ujarnya. (sid/han/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar