Radar Madura

Pagu Rastra Sumenep Naik Dua Juta Ton

SUMENEP – Jumlah keluarga miskin (gakin) di Sumenep meningkat. Indikasinya, alokasi atau pagu bantuan beras sejahtera (rastra) semakin banyak. Pagu beras untuk 2017 naik lebih dari dua juta ton.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setkab Sumenep Hery Koentjoro Pribadi tidak memungkiri kenaikan bagi rastra tersebut. Pagu bantuan yang dulu bernama raskin itu sebanyak 23.042.880 ton. Beras tersebut naik 2.101.800 ton dibanding tahun lalu yang 20.941.080 ton.

Jutaan ton beras tersebut hak 128.016 rumah tangga sasaran (RTS). ”Pagu tersebut naik 2.101.800 ton dibanding tahun lalu yang hanya 20.941.080.” ungkapnya Senin (20/3).

Pemkab Sumenep belum bisa menyosialisasikan kepada masyarakat. Sebab, data valid calon penerima belum diterima. ”Masih belum kami sosialisasikan karena masih ada yang perlu disinkronkan,” ucapnya.

Saat ini pemerintah sedang berkoordinasi terkait pagu rastra yang dinilainya tidak singkron tersebut dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Sebab, jumlah rastra dengan sasaran penerima tidak sinkron. Lebih banyak jatah rastra dibanding keluarga sasaran penerima. ”Ini yang kami juga koordinasikan,” terang mantan kepala dinsos tersebut.

Terkait kenaikan pagu, dia enggan disebut gagal dalam mengentaskan kemiskinan. Dia beralasan, pagu rastra tinggi karena banyak warga kurang mampu yang tidak ter-cover dalam program pengentasan kemiskinan tahun lalu. ”Tahun lalu banyak warga yang berhak menjadi penerima program rastra, tapi tidak ter-cover sehingga tahun ini penerima rastra lebih banyak,” dalihnya. (via/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar