Radar Madura

Pemkab Tanggap Atasi Bencana Puting Beliung

SAMPANG – Pemkab Sampang semakin sigap menangani bencana alam. Hal itu terlihat pada penanganan angin puting beliung yang menimpa ratusan rumah warga di Kota Bahari, Sabtu malam (18/3). Tim penanganan bencana daerah yang terdiri dari BPBD, dinsos, TNI, Polri, Saka Bhayangkara, PMI, dan sejumlah relawan langsung dikerahkan untuk melakukan evakuasi ke rumah-rumah korban.

Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono mengatakan, pihaknya merasa terpanggil saat mendengar bencana tersebut. Dari itu dia mengerahkan semua tim penanganan tanggap bencana untuk bahu-membahu membantu korban.

”Langkah yang kami lakukan yakni melakukan evakuasi, pembersihan, perbaikan rumah, dan memberikan sejumlah bantuan sembako kepada 209 rumah warga yang tersapu angin puting beliung,” ucapnya Minggu (19/3).

Dia menjelaskan, saat ini tim penanganan bencana sedang melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah rumah warga yang rusak. Fadhilah berupaya untuk membantu meringankan beban para korban yang rumahnya rusak. ”Kami merasa terpanggil dengan adanya bencana ini. Jadi kami komitmen akan membantu warga untuk meringankan beban mereka,” ucapnya.

Selain membantu melakukan evakuasi, pembersihan, dan memberi sembako, pihaknya juga memastikan ikut memperbaiki rumah korban. Menurutnya, 209 rumah warga yang rusak perlu uluran tangan. Sebab, kerusakan yang ditimbulkan bencana tersebut sangat besar. ”Kami upayakan untuk memberi bantuan kepada korban,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya sudah mengakomodasi korban yang mengalami luka dengan langsung dirawat di RSUD Sampang. ”Semua korban yang terdampak kami bantu. Kami minta warga tetap tenang dan bersabar menunggu bantuan,” tukasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar