Radar Madura

Marak Penculikan Anak. Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua

SAMPANG – Psikolog asal Sampang Untung Rifai mengatakan, isu penculikan memang membuat semua kalangan khawatir. Terutama kaum ibu yang mempunyai anak kecil. ”Kalau sudah kepikiran pasti berdampak,” ucapnya.

Kak Untung menambahkan, orang tua harus konsisten memerhatikan anak dan perlu pengawasan ketat. Isu penculikan anak memang sangat besar. ”Orang tua diharapkan untuk tidak menelan mentah-mentah informasi tersebut. Kroscek dulu kebenarannya. Penegak hukum harus memberikan kepastian sebuah informasi yang pasti dan valid,” tegasnya.

Informasi tersebut bisa berdampak terhadap anak serta menciptakan anak down. Karena itu, mengkroscek kebenaran informasi tersebut sangat penting. Penegak hukum harus ada tindakan real untuk menepis isu. Jika terbukti, harus diselidiki dan kejar pelaku.

”Tindakan penegak hukum dibutuhkan. Demi keamanan dan kekhawatiran masyarakat, penegak hukum harus action,” desaknya.

Sosiolog Syarif Hidayatullah menganalisis, penculikan anak bisa benar dan bisa salah. Isu tersebut menyebar secara nasional. Penculik melakukan bukan untuk merawat anak, tapi lebih terhadap tekanan perekonomian seseorang untuk lebih sejahtera.

”Penculikan anak ini bukan kasus balas dendam atau amarah seseorang. Penculik mulai terombang-ambing. Karena saking mahalnya, makanya penculik menjual beberapa organ tubuh,” ujarnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar