Radar Madura

Suara Rakyat melalui Wisata Jalan Rusak

BEBERAPA pekan belakangan jagat media sosial kita dihiasi sejumlah meme (gambar ringan dengan sindiran dan kritik sosial) tentang Wisata Jalan Rusak. Meme tersebut pertama kali menampilkan spot di wilayah Nambakor, Saronggi, Sumenep, dengan kondisi jalan yang rusak, berlubang, dan mengganggu sekaligus membahayakan. WJB (Wisata Jalan Berlubang) tersebut pun menjadi buah bibir dunia maya yang mengundang beragam komentar serta reaksi netizen.

Tak lama, gagasan segar yang dikemas kreatif ini menjalar ke Pamekasan, tepatnya di Kecamatan Pademawu. Tidak jauh berbeda dengan kasus pertama. Titik yang digunakan dan disulap sebagai lokasi pengambilan gambar adalah badan jalan yang rusak dan berlubang serta plang/papan/tulisan sederhana bertuliskan ucapan selamat datang di lokasi wisata berikut beberapa model dan properti.

Dua kasus tersebut menunjukkan fenomena ini sangat mungkin akan semakin menyebar dan menjadi tren sekaligus ajang kreativitas dan kanal kritik sosial. Menemukan jalan rusak di Madura, utamanya di wilayah perdesaan, tentu bukan hal yang sulit. Sementara itu, perlengkapan dan aksesori yang dibutuhkan relatif mudah didapatkan.

***

Ide cemerlang demikian sebenarnya bukan merupakan hal baru. Di beberapa daerah lain, sebut saja Lampung, Sragen, Bogor, dan Ngawi, objek-objek semacam ini sudah lama menjadi dagelan publik dengan nama yang juga unik dan penuh satire, semisal Jeglongan Sewu (seribu lubang). Jika saat ini Madura memodifikasi ide tersebut dalam dua contoh kasus di atas, sedikitnya hal demikian menunjukkan tiga hal;

Pertama, kepedulian masyarakat terhadap kondisi fasilitas umum yang tidak hanya penting, akan tetapi juga mendasar. Di luar faktor-faktor sekunder semisal keinginan untuk eksis, menonjolkan diri sendiri dan komunitas serta ikut-ikutan tren, tindakan yang demikian menyiratkan keprihatinan sekaligus harapan. Karena itu, sudah selayaknya aksi semacam ini dapat lebih menggugah pengambil kebijakan untuk tidak lagi menutup mata terhadap keadaan riil di lapangan.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar