Radar Madura

Fasilitas Pantai Jumiang Rusak Parah
BERITA TERKAIT

PAMEKASAN – Pantai Jumiang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pemkab Pamekasan. Keindahan alam dijadikan daya tarik untuk memikat wisatawan. Sayang, kondisi infrastruktur lokasi wisata di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, itu rusak parah.

Pantauan Jawa Pos Radar Madura (JPRM), sejumlah fasilitas pendukung pariwisata hancur. Di antaranya, gazebo permanen yang dibangun pemerintah rusak, sarana bermain ayunan tidak bisa dipakai, dan hamparan pasir yang melengkapi keindahan pantai tergerus abrasi.

Selain itu, akses jalan menuju pantai juga rusak parah. Hal itu menyulitkan wisatawan yang mau berkunjung. Juga, pantai dijadikan tempat berlabuh perahu nelayan serta sisa bangunan fasilitas wisata dimanfaatkan sebagai tempat penjemuran cangkang rajungan dan rumput laut.

Sementara pohon cemara yang berjejer rapi di sepanjang bibir pantai dijadikan tempat berteduh nelayan saat memperbaiki jaring yang rusak. Di bawah rerindangan pohon cemara itu pula, warga melucuti rumput laut yang sudah panen.

Slamet, 25, warga Desa Tanjung mengatakan, kerusakan fasilitas wisata terjadi sejak beberapa tahun lalu. Awalnya, Pantai Jumiang jadi jujukan wisata. Muda-mudi kerap menghabiskan waktu libur di pantai tersebut.

Masyarakat meraup berkah dari wisata pantai itu. Warga membuka usaha kecil-kecilan. Mulai dari berjualan makanan, membuka lahan parkir, hingga membuka ponten bagi wisatawan yang hendak berbilas.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar