Radar Madura

Kandungan Oksigen Gili Iyang Capai 20,9 Persen

SUMENEP – Masyarakat Pulau Gili Iyang masih banyak yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Wisatawan sebaiknya menyewa guide atau pemandu wisata untuk kemudahan berkomunikasi.

Jarak Pulau Gili Iyang hanya 28 kilometer dari pusat Kota Sumenep. Untuk sampai ke sana, wisatawan terlebih dahulu harus melewati jalur darat menuju pelabuhan di Kecamatan Dungkek. Dari pelabuhan inilah penyeberangan dilakukan. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit di atas perahu.

Sesampainya di Gili Iyang, hal biasa yang dilakukan wisatawan adalah tracking sambil menyusuri setiap sudut pulau. Bagi wisatawan tidak mau capek, mereka bisa menyewa kendaraan roda tiga (dorkas) yang biasa dijadikan alat transportasi masyarakat sekitar.

Kegiatan lain yang biasa dilakukan wisatawan di pulau ini adalah snorkeling dan diving. Maklum, keindahan panorama bawah laut di Pantai Gili Iyang tak kalah menarik dengan Gili Labak.

Nah, hal yang berbeda dengan Gili Labak dan pulau-pulau lain di Indonesia adalah kualitas udara. Pulau Gili Iyang dinobatkan sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik di dunia setelah Yordania yang memiliki kadar oksigen 19,5 persen sampai 20,5 persen.

Hasil penelitian Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jawa Timur pada 2001 menyebutkan, kadar oksigen di Pulau Gili Labak 21,5 persen. Di daerah lain, umumnya kadar oksigen 26,5 persen sampai 38,7 persen. Angka tersebut diperkuat oleh hasil penelitian tim pusat pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN akhir 2006 lalu.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar