Radar Madura

Gili Labak, Surga Baru di Timur Madura

SUMENEP – Keindahan Pulau Gili Labak tidak perlu diragukan lagi. Pulau yang secara administratif masuk wilayah Desa Kombang, Kecamatan Talango itu menyajikan keindahan pantai berikut karang di dasar lautnya. Keindahan dasar laut di pantai tersebut bisa dilihat dengan jelas karena kejernihan airnya.

Keindahan pantai inilah yang membuat banyak wisatawan datang ke sana. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun mulai berdatangan. Ramainya wisatawan bisa disaksikan saat memasuki akhir pekan.

Kedatangan wisatawan ke Pantai Gili Labak semakin banyak tidak hanya karena sajian alamnya. Namun, keramahan warga setempat menjadi daya tarik tersendiri. Warga yang mulai terbiasa dengan kedatangan wisatawan semakin memanjakan para tamu-tamu mereka.

Seakan memahami kebutuhan wisatawan, atas dasar kesadaran, warga setempat menjaga ekosistem laut. Mereka yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan berusaha tidak merusak karang. Peralatan yang dianggap dapat merusak karang tidak mereka gunakan saat mencari ikan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Sufiyanto mengatakan,  salah satu yang menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah kondisi perairan yang masih jernih. ”Karang-karang tumbuh dan berkembang. Keindahan dasar laut inilah yang dicari para wisatawan,” ungkap Sufiyanto.

Menurut Sufiyanto, alat penangkapan ikan nelayan yang ramah lingkungan membuat kelestarian perairan tetap terjaga. Ikan-ikan mungil nan indah bebas berkeliaran di tengah hamparan soft coral di pulau itu.

”Kondisi itulah yang sulit dilupakan pengunjung dan tidak henti-hentinya ingin kembali ke pulau yang berpenduduk kurang dari seratus orang tersebut,” pungkasnya. (sid/fei/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar