Radar Madura

Melawan Hoax

NYATAKAN perang pada narkoba. Perang terhadap berita hoax. Topik yang belakangan santer dibicarakan. Tidak hanya jadi isu nasional. Lokal pun ikut nimbrung.

Terutama soal Ahok eh maaf hoax. Pemicunya, berita hoax sudah banyak berseliweran. Saking banyaknya, sulit membedakan.  Mana berita hoax dan mana yang benar-benar berita realitas.

Siapa sih hoax itu? Hehehe... Kok pada kepo mikirin hoax? Hoax menurut pengertian KBBI adalah ketidakbenaran suatu informasi. Artinya, berita hoax ya berita bohong. Berbohong itu merupakan salah satu sifat buruk seseorang. Jika tidak berkata benar ya pasti berbohong.

Memasuki gempuran dunia digital yang semakin canggih, arus berita hoax tak bisa dibendung. Itu sudah sebuah keniscayaan. Masalahnya saat ini, berbohong itu telah dikembangbiakkkan. Melalui media sosial (medsos), orang yang tidak bertanggung jawab bisa leluasa berkreasi.

Apakah bisa dicegah? Saya rasa muskil sekali. Meminimalkan mungkin bisa. Apalagi berita hoax itu sudah jadi warisan. Kata Karni Ilyas dalam ILC beberapa waktu lalu, Nabi Adam keluar dari surga karena percaya berita hoax. Hoax dari iblis. Yang menyebut jika makan buah khuldi akan kekal di surga. Itu jelas hoax.

Sejak zaman Nabi Muhammad pun berita hoax kerap terjadi. Salah satunya tentang kisah Musailamah Al-Kadzab (pembohong). Orang yang mengaku nabi menandingi Rasulullah. Untuk melegitimasikan dirinya, Musailamah membuat ayat-ayat hoax.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar